Kamis, 07 Februari 2013

Pengertian Pengelolaan Instalasi Komputer



PENGELOLAAN
Definsi (1) “Proses Pengelolaan yang mempertimbangkan hubungan timbal balik antara kegiatan manusia dengan komputer”.
Definisi ke (2) “Adalah suatu proses penyusunan dan pengambilan keputusan secara rasional tentang pemanfaatan komputer secara berkelanjutan”.
Definisi ke (3) “Suatu proses kontinu dan dinamis dalam penyusunan dan pengambilan keputusan tentang pemanfaatan komputer secara berkesinambungan”.
Definisi ke (4) “Melakukan sebuah upaya pemeliharan secara terjadwal atau tidak terjadwal”.

INSTALASI
Proses pemasangan dan penyetingan perangkat (keras/lunak) agar bisa digunakan oleh sistem.

KOMPUTER
Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.

PENGELOLAAN INSTALASI KOMPUTER
Memberikan pembelajaran tentang segala sesuatu yang memungkinkan pengelola instalasi system komputer pada suatu instansi. Pengelola diharapkan mampu menjamin sistem komputer yang dipergunakan akan dapat dioperasikan tanpa henti.

Personalia, Perencanaan dan Instalasi Ruang Komputer
Ruang komputer adalah segala jenis ruang yang berisi instalasi komputer baik tunggal maupun jaringan. Pengertian Instalasi komputer juga mencakup ruang server, ruang kontrol jaringan komputer (LAN) dan ruang pengolahan/penyimpanan data digital.

Pertimbangan Ruang Komputer
1.        Keamanan alat
2.       Kenyamanan
3.       Besar dan rumit
4.      Keseimbangan perencanaan
Perlu diperhatikan keseimbangan elemen-elemen yang akan mempengaruhi desain ruang komputer termasuk peralatannya. Elemen-elemen tersebut diantaranya: lokasi ruang komputer, tata ruang, keamanan fisik, sistem UPS, Generator listrik cadangan, distribusi daya listrik, system pendinginan dan kelembapan udara, raised flooring, deteksi dan pemadam kebakaran, kontrol akses dan keamanan, dan sistem monitoring untuk seluruh elemen tersebut.

Artikel Terkait :

Bagikan :

1 komentar: